Senin, 22 Oktober 2012

RAJA/ROJA SMA XI Pendidikan Agama Islam


RAJA/ROJA

 
A.      Roja

Berarti Mengharap Keridaan Allah,jalan yang hak dalam mengharap rida Allah antara lain melalui orang tua atau birrul walidain atau berbakti kepada orang tua adalah salah satu masah yang sangat penting dalam islam. Di dalam Al Quran, setelah memerintahkan kepada manusia untuk bertauhid kepadannya, Allah SWT, Memerintahkan untuk untuk berbakti kepada orang tua. Qs Al isra 17:23-24, Artinya: (23) Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salh seorang diantara keduanya atau keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (24) Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih saying dan ucapkanlah, “wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.
B.      Keutamaan berbakti kepada orang tua
1.       Rasulullah bersabda, Rida Allah tergantung Rida orang tua dan murka Allah tergantung murka orang tua. (HR Bukhari)
2.       Rasulullah bersabda , amalan yang paling utama ialah pertama solat pada waktunya, kedua berbakti kepada kedua orang tua, dan ketiga, jihad di jalan Allah. (HR Bukhari dan Muslim)
3.       Dengan bersilaturahmi dengan orang tua , seseorang akan diluaskan rezeki dan dipanjangkan umur sebagaimana dalam hadis dinyatakan, rasulullah Saw bersabda, barang siapa yang suka diluaskan rezeki dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung silahturahmi. (HR Bukhari).
C.      Penutup
                Apabila kedua orang tua telah meninggal, maka yang harus kita lakukan adalah meminta ampun bagi mereka kepada Allah SWT, dan meminta ampun dengan tobat nasuha apabila kita pernah berbuat durhaka kepada keduanya di waktu mereka masih hidup, kemudian membayarkan hutang hutang-hutangnya, selanjutnya melaksanakan wasiat yang sesuai dengan syariat, dan menyambung silaturahmi kepada teman atau kerabat mereka.
                Rasulullah menjelaskan bahwa keberadaan kedua orang tua yang berusia lanjut itu adalah kesempatan yang paling baik untuk mendapatkan pahala dari Allah, mempermudahrezeki, danmenjadi jembatan menuju surge. Oleh karena itu, sungguh rugi jika seorang anak menyia-nyiakan kesempatan paling berharga ini dengan mengabaikan orang tuanya sehingga menyebabkan dia tidak masuk surga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar